LATAR BELAKANG

*) Kegiatan seminar ini gratis (free of charge) untuk presenter mahasiswa S1

Konsensus ilmiah mengatakan, virus SARS-VoV-2 adalah penyakit yang berasal dari hewan dan menular ke manusia. Kemungkinan penyakit berasal dari kelelawar, kemudian menyebar melalui hewan mamalia lainnya.

Karena manusia semakin membuka kawasan yang dihuni hewan liar, seperti penggundulan hutan dan mengambil kekayaan alam, maka manusia juga semakin mudah tertular patogen yang sebelumnya tidak pernah keluar dari kawasan itu, dan meninggalkan tubuh binatang yang mereka tempati.

“Kita semakin dekat dengan hewan liar,“ kata Yan Xiang, pakar virologi di Pusat Ilmu Kesehatan, Universitas Texas. “Dan itu membuat kita berhubungan dengan virus-virus itu.“
Tiap spesies memiliki perannya masing – masing di ekosistem. Jika salah satu dari spesies itu tidak ada atau salah satu spesies mengambil tempat spesies lain maka akan berdampak besar dalam resiko penyakit dan kerap kali kita tidak bisa memperhitungkan resikonya.

Maka dari itu pentingnya dilakukan perlindungan terhadap keanekaragaman hayati, ekosistemnya, dan habitatnya supaya tercipta kesehatan bersama antara manusia dengan keanekaragaman hayati yang ada.

Tema

Perlindungan Biodiversitas untuk Kesejahteraan Manusia di Masa Depan

Sub-Tema:

  1. Keanekaragaman genetik
  2. Keanekaragaman spesies
  3. Keanekaragaman ekosistem
  4. Etnobiologi and Sosial Ekonomi
  5. Ilmu dan Teknologi Hayati

Tempat dan Waktu:

Daring via aplikasi ZOOM
Sabtu, 31 Oktober 2020
Pukul: 08.00-17.00 WIB

 

Keterangan:

Naskah-naskah berkualitas dari seminar nasional ini, yang telah mendapat persetujuan dari para reviewer dan editor akan diterbitkan pada jurnal Biodiversitas (terindeks Scopus) atau Nusantara Bioscience (terindeks ESCI Web of Science). Naskah lainnya akan diterbitkan pada Prosiding Seminar Nasional Masyarakat Biodiversitas Indonesia (PSNMBI), sementara naskah yang tidak berkualitas, tidak diterbitkan. Pemakalah juga dapat menerbitkan naskahnya pada jurnal-jurnal lain terbitan MBI secara gratis (smujo.id)

Submisi naskah:
1. Biodiversitas disini: https://smujo.id/biodiv/about/submissions
2. Nusantara Bioscience disini: https://smujo.id/nb/about/submissions
3. Prosididng (PSNMBI) disini: https://smujo.id/psnmbi/about/submissions
4. Lainnya, mohon pilih disini: https://smujo.id/

*) Untuk free of charge, mohon naskah lengkap (manuskrip) dikirimkan paling lambat 12 Oktober 2020. Manuskrip yang siap untuk dikirimkan ke reviewer akan diundang untuk presentasi gratis. Mahasiswa S1 yang tidak mengirimkan manuskrip atau manuskripnya tidak siap direview akan diundang presentasi sebagai peserta mahasiswa biasa (tidak gratis)